Friday 1 August 2014

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis / Kulit Manggis selain Antioksidan




Buah Manggis/kulit manggis obat?, siapa yang tidak kenal dengan Buah Manggis/kulit manggis yang satu ini daging buahnya sangat sedap untuk di santap manis asam dan segar menjadi salah satu ciri khas rasanya Buah Manggis/kulit manggis selain warnanya ungu dan berkulit sedikit keras menurut wikipedia indonesia "Buah manggis/kulit manggis adalah sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa" ternyata Buah Manggis/kulit manggis memiliki manfaat khasiat yang sangat tinggi karena buah manggis termasuk kriteria buah yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Nah, fungsi antioksidan ini berguna untuk menangkal radikal - radikal bebas yang berasal dari luar tubuh sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang penyakit atau lebih mudahnya berfungsi sebagai penambah sistem pertahanan tubuh. Berdasarkan beberapa sumber buah manggis memiliki manfaat khasiat bagi tubuh manusia antara lain :

1. Asam Urat
Asam urat salah satu penyakit tubuh yang kerap melanda para lansia dikarenakan kristal persendian yang ada pada sendi - sendi tulang kemungkinan faktor usia juga radikal - radikal bebas yang ada dalam tubuh. Namun, akhir ini tidak hanya para lansia dimulai kaum muda juga sudah bisa mengalaminya. Buah manggis/kulitnyabermanfaat untuk asam urat disebabkan terdapatnya zat mangostin yang mampu memnyembuhkan luka secara lebih cepat dengan kerjasama antara mangostin serta protein diketahui juga mampu memperbaiki sel yang rusak sedangkan xanthone bergunan untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

2. Manfaat untuk Ibu Hamil
Kulit manggis untuk ibu Hamil juga bermanfaat. Buah manggis dan kulitnya mengandung vitamin C yang baik bagi kelenturan kulit akibat melebarnya bagian tubuh dikarenakan adanya si janin didalam perut si ibu serta asam float yang berkhasiat untuk menurunkan resiko kelahiran bayi prematur.

3. Diabetes
Diabetes saat ini adalah penyakit yang paling berbahaya karena berawal dari diabetes kelamaan akan menimbulkan komplikasi timbulnya berbagai penyakit. Diabetes terjadi akibat kelebihan gula atau tidak terkontrolnya gula yang ada dalam tubuh sehingga kadar gula berlebihan sedangkan insulin yang berfungsi memecah gula menjadi tenaga tidak cukup mengatasi. Lalu zat ungu dalam kulit manggis di sinyalir mampu menetralisir kadar gula dalam tubuh secara alami, mengontrol gula dalam tubuh serta menangkal radikal bebas.

Selain yang sudah dijelaskan tadi buah manggis juga mampu sebagai antibaktrei karena ada zat Tamin yang mampu menghambat pertumbuhan kuman dan zat aktif sponin yang dapat memecah sel kuman contohnya mengatasi keputihan bagi para kaum wanita. Sepertinya hal di dunia apapun yang berlebihan sangat tidak baik, mengkonsumsi jus kulit manggis juga tidak baik bagi pencernaan bila dilakukan berlebihan karena sifat kulit seratnya yang kasar akan menganggu penceraan. Jadi inilah buah manggis dengan sejuta manfaatnya yang belum lama ini terus diberitakan bahkan menjadi trend produk herbal baru bagi sebagian produsen suplemen dan makanan. Terima Kasih ....

2 comments:

  1. mantap ternyata kulit manggis dapat mempunyai banyak manfaat, makasih artikelnya
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, Terima kasih sudah berkunjung...

      Delete

Silahkan, beri komentar