Saturday 30 August 2014

Visual Basic 6.0 Tutorial : Membuat Kalkulator Penambahan Sederhana

Halo para pembaca sekalian, selamat datang kembali di blog ini. Kali ini artikelibas.blogspot.com akan membicarakan bagainmana membuat aplikasi penambahan dua angka yang sangat sederhana agar mudah di mengerti bagi pemula juga bisa me-review bagi para pembelajar sekalian. Visual Basic yang digunakan ialah visual basic 6.0 yang telah di instal pada sistem operasi windows 7. Mari kita langsung saja menyimak langkah - langkah membuat aplikasi kalkulator penambahan sederhana dengan menggunakan visual basic :

1. Tahap pertama cek apakan pembaca sekalian di komputernya sudah terinstal aplikasi visual basic 6.0 atau tidak jika belum silahkan install, setelah memastikan aplikasi vb 6.0 terpasang (diluar tipe tersebut bisa yang terpenting memahami menggunakan menu kerja visual basic tersebut).
2. Double klik aplikasi vb 6.0 setelah terbuka maka akan muncul kotak dialog seperti di gambar bawah ini, pilih STANDARD.EXE --> OPEN

 3. Langkah berikutnya buatalah design label, kotak text dan tombol commonbutton seperti dibawah ini. Label1 "Masukan Nilai Pertama : "  ,Label2 "Masukan Nilai Kedua : " , design kotak masukan nilai dengan TEXT pada menu pilihan vb , design Tombol "Hitung " dan "Keluar" pada Commontbutton . Lakukan penyetingan font pada masing - masing design , setting dilakukan di jendela properties menu "Font".


4. Lalu setelah design jadi, sekarang melakukan penamana program. Double klik pada tombol hitung untuk diisikan program karena sebagai pengeksekusi. Berikut kode program tombol hitung :
===========================================
Private Sub Command1_Click()
Hitung = Val(Text1) + Val(Text2)
MsgBox "Hasilnya Adalah " & Hitung, vbOKOnly, "Info"
End Sub
===========================================
proses perhitungan dengan menambahan nilai yang ada pada text1 dan 2, lalu hasilnya ditampilkan pada kota dialog info "MsgBox"

Double Klik untuk tombol keluar, digunakan untuk close aplikasi. Kodenya Berikut :
===========================
Private Sub Command2_Click()
End
End Sub
===========================



5. Terkahir setelah memastikan design dan kode programnya sesuai. Untuk melihat hasilnya klik tombol "Start" pada toolbar (ditujukan pada gambar pertama). Setelah aplikasi bisa dijalankan pada saat review lalu kita bisa menyimpan file aplikasi ini dalam bentuk .EXE dengan cara File --> Make Project1.EXE.
Video Tutorialnya klik -->> http://www.youtube.com/watch?v=P-OW4t2jRms

Itulah tutorial sederhana bagaimana cara membuat aplikasi program penambahan dua angka, bagi pembaca sekalian saya ucapkan terima kasih. Silahkan gabung di grup "Forum Discuss" pada menu navigasi blog ini, komentarnya ditunggu pembaca sekalian .................

2 comments:

  1. infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan.. http://goo.gl/NQSzZm

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're Welcome gan ,, trima kasih kembali atas kunjungannya .

      Delete

Silahkan, beri komentar