Monday 11 August 2014

Kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa)

Halo sobat pembaca sekalian !
http://artikelibas.blogspot.com/2014/08/kegiatan-mos-agenda-tahunan-pengenalan.html
 Akhir - akhir ini di sebagian lembaga pendidikan telah melaksanakan kegiatan MOS atau Masa Orientasi Siswa bukan, siapa yang tidak mengalaminya bagi seseorang yang pernah mengenyam pendidikan di SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA (Madarasah ALiyah) bahkan tingkat Perguruan Tinggi. Nah, MOS sendiri memiliki arti ata pengertian MOS adalah sebuah agenda tahunan yang dilaksanakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk memperkenalkan pola belajar, kegitan dan lingkungan sekolah sebelum kegiatan aktif belajar - mengajar dimulai kepada para siswa - siswi baru. Artikel Masa Orientasi Siswa (MOS) kali ini akan menguraiakan pengalaman penulis semasa mengikuti kegiatan - kegiatan MOS di berbagai tingkat pendidikan. Saat kegiatan mos agenda hari pertama ialah mengumpulkan para siswa yang esok akan mengikuti mos, di hari ini para penitia memberikan catatan - catatan atau pembertitahuan mengenai rangkaian kegiatan mos, atribut yang akan dipakai oleh para peserta mos selama kegiatan mos berlangsung, memperkenalkan panitia dengan jabatannya serta pembagian kelompok dalam kelas. Berikut hal - hal yang menjadi momen keunikan bagi para peserta maupun panitia yang menjalankan kegiatan mos :

1.Atribut MOS
Inilah yang menjadi soal pokok buat di gubris soal kegiatan mos. Ya iya, dari sinilah para peserta akan di nilai baik atau tidaknya oleh panitia. Selalu menjadi soal khusus para peserta yang sering terkena 'hukuman' atau sanksi bila tidak memakai atribut mos atau salah sedikit dalam membuat atribut mos bisa saja terkena. Begitu juga panitia soal nilai - menilai gampang sekali untuk membidik atribut yang dibawa atau dipakai para peserta. Setiap tahunnya syarat atribut mos sering mengalami perubahan atau paling tidak sama dengan setahun sebelumnya. Panitia dalam memberitahukan atribut mos kepada pesereta biasanya dengan menggunakan sandi atau teka teki khusus semisalnya seperti pada gambar tagline post ini ; - Air Minum Angka Romawi 6 (katanya sih air minum vit), - Dasi berkertas (terbuat dari kertas), - Topi ultah balon dari kertas karton (topi ditempeli dengan balon) dan sebagainya .

2. Yel - yel MOS
Disini para panitia mengintruksikan kepada para peserta untuk membuat yel - yel atau nyanyian penyemangat yang diikuti dengan gerakan unik, gunanya memacu kebersamaan dan pembangun semangat pada momen - momen khusus. Biasanya yel - yel di remix dari lagu yang sedang populer seperti dangdut, pop, bahkan lagu - lagu dari luar.

3. Permainan MOS
Dalam permainan atau game mos para peserta dipandu oleh panitia yang khusus dibidang permainan. Fungsi dari kegiatan ini agar setiap siswa mampu memulai jalinan komunikasi antar kawan baru dari yang dikenalnya. Biasanya jika salah satu peserta / kelompok yang salah atau kalah akan diberikan sanksi oleh panitia, entah disuruh maju kedepan membuat drama, berkenalan, bernyanyi,membuat esai, menceritakan cerpen dan lain sebagainya.

4. Olah Mentalitas
Naah, ini yang menjadi bahan pembicaran senior untuk para juniornya sekedear menakut - nakuti jika kita mendapat sanksi dalam kegiatan mos akan begini begitu. Y, sebenarnya tujuan dari hal tersebut ialah untuk memacu motifasi peserta agar disiplin, melatih mentalitas dalam berkomunikasi serta rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sekitarnya. Dan sebagainya.

Itulah berbagai hal - hal yang ada dalam kegiatan mos , diakhir acara para panitia biasanya akan membuat sebuah momen kenang - kenangan berupa tampilan slide foto atau maupun video kegiatan mos yang diputar dihadapan semua peserta mos. Inilah kita akan mengetahui segala momen unik yang tidak diketahui oleh peserta mos selama mos berlangsung biasanya kita akan merasa malu atau bahagia dihadapan semua kawannya jika ditampilan slide tersebut ada diri kita dari momen - momen tertentu. Nah, sudah ingat sekarang bagaimana masa orientasi sobat dahulu tentunya mengasyikan kan dan menjadi salah satu momen unik kita selama bersekolah. Apapun kegiatan yang diselenggarakan sekolah pasti bermanfaat untuk siswa - siswinya, Keep Spirit terus bagi sobat semuany semoga kita semakin terlatih dan terampil untuk siap terjun di dunia yang lebih luas. Terima Kasih atas kujungannya. Salam ......



0 comments:

Post a Comment

Silahkan, beri komentar