Wednesday 23 July 2014

Cara Membuat Rangkaian Sensor Warna dengan Led RGB

http://artikelibas.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-rangkaian-sensor-warna-rgb.html
Gambar Implementasi Sensor Warna RGB dengan LDR

Sensor adalah alat yang mendeteksi objek secara langsung maupun tidak lalu memprosesnya dalam bentuk sinya analog/digital. Kita akan bahas bagaimana membuat sensor warna dengan Led RGB / sensor warna rgbdengan memanfaatkan perbedaan warna yang dibiaskn oleh ketiga warna pada sensor yaitu merah, biru dan hijau sehingga dapat diterima oleh sensor inti yaitu sensor LDR.
http://artikelibas.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-rangkaian-sensor-warna-rgb.html
Gambar Rancangan Skematik Sensor Warna Led RGB (sensor warna rgb) dengan LDR


Gambar diatas adalah Rangkaian sensor warna dengan Led RGB dengan LDR, dibuat dengan 3 led (Merah, Biru dan Hijau) dengan resistor masing-masing 330Ohm, 1 LDRdengan sebagai penangkap perbedaan cahaya yang telah terpantul memiliki resistor 1Kohm. Komponen –komponen tersebut dirancang dengan menggunakan sistem pembagi tegangan.Sensor RGB dengan LDR ialah sensor warna yang dibuat secara manual dengan memanfaatkan sensor LDR yang fungsi sebenarnya ialah sensor cahaya tapi dengan di tambah led merah, hijau dan biru akan menghasilkan perbedaan yang sangat jelas terhadap objek warna tertentu sehingga dapat menggantikan sensor warna yang ada dipasaran secara otomatis.

Berikut Pembahasan Hasil Pembacaan Sensor Warna :

 Tabel Hasil Pengujian Sensor Warna Led RGB(sensor warna rgb) dengan LDR


Nilai – nilai tegangan keluaran yang diambil adalah rata – rata dari tiga data yang diambil tiap objek. Tegangan yang dimaksud ialah tegangan keluaran dengan mengkalikan hasil nilai adc terhadap perbandingan tegangan referensi 5 volt dengan bit port adc pada mikrokontroler Atmega32 210 ( 1023 ) yang dimulai dari 20.  Maka dari setiap hasil tegangan keluaran pada tabel tersebut, dapat dicari nilai adc yang sesungguhnya dalam bentuk analog. Misalnya kita dapat menghitung nilai adc analognya dengan salah satu nilai rata Vr yaitu pada objek merah sebesar 3.68 Volt / 0.00488 (vref terhadap bit adc) = 754 nilai adc yang tampil pada display lcd.  Berikut dibawah ini program menguji kalibrasi sensor warna rgb dengan menggunakan bahasa BASCOM AVR :

$regfile = "m32def.dat"
$crystal = 12000000
$baud = 9600


Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portc.4 , Db5 = Portc.5 , Db6 = Portc.6 , Db7 = Portc.7 , E = Portc.3 , Rs = Portc.2
Config Lcd = 16 * 2


Config Porta = Input
Config Adc = Single , Prescaler = Auto , Reference = Avcc


Dim Data_adc As Word , Teg As Word , A As Single , Vout As Single , Hasil As Single , Bhasil As Single , Ahasil As Single
Cursor Off

Start Adc
Cls
Do
Data_adc = Getadc(0)
'Teg = Data_adc * 5
'Vout = Teg / 1024
Vout = Data_adc * 0.005
A = 3.03

Hasil = Vout * A
Ahasil = Hasil / 255
'Bhasil = Fusing(ahasil , "##.##")

Waitms 200
Locate 1 , 6
Lcd " Hasil"
Locate 2 , 1
Lcd "" ; Ahasil

Loop



Sekian pembahasan yang singkat mengani sensor warna rgb dengan ldr, terima kasih untuk para pembaca yang telah mengunjungi kami di http://artikelibas.blogspot.com selanjutnya artikel ibas akan menyempurnakan materinya. Silahkan komen post ini ....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, beri komentar