Friday 11 July 2014

Rancangan dan Implementasi Sistem Minimum ATMega32



IMPLEMENTASI


Gambar Implementasi Hardware
Sistem Minimum ATMega32 dibuat dengan mikrokontroler ATMega32 dengan memiliki 40 pin yang masing – masing memiliki fungsi data dan LCD yang terintegrasi langsung dengan sistem minimum. Didesign dengan software Eagle 6.2.0. Gambar tersebut adalah hasil dari design Sistem Minimum Atmega32 dalam bentuk hardware secara lengkap.


RANCANGAN






 Gambar Skematik


Gambar diatas - adalah rangkaian sistem minimum perangkat keras menggunakan mikrokontroler AVR  ATMega32 sebagaipusat pengolahan data dari sensor. Data dari sensor akan diolah dan ditampilkan pada LCD. Terdapatbeberapakomponen pada mikrokontroler ATMega32 yang digunakandalam sistem minimum, antaralain :
1.    Oscillator Crystal (XTAL1 dan XTAL2)
        Merupakan input dan output dari sebuah inverting amplivier yang dapat dikonfigurasi untuk digunakan sebagai On-Chip Oscillator. Pada sistem minimum ini digunakan Oscillator Crystal12000000 Hz sebagai detak bagi mikrokontroler dengan komponen tambahan berupa dua buah kapasitor keramik 22pF.
2.    Regulator tegangan 5 volt
        Karena pin Vcc mikrokontroler ATMega32 membutuhkan tegangan 5 volt, maka digunakan IC 7805 sebagai regulator tegangan dan beberapa komponen pendukung untuk power supply.
3.    Sistem reset  
    Berfungsi untuk mereset mikrokontroler jika ingin mengulang proses mikrokontroler dari awal. Sistem reset terdiri dari resistor 4,7 KΩ dan kapasitor 100nF.
4.    Led Indikator
        Sebagai indikator aktif atau tidaknya mikrokontroler dengan tambahan resistor sebesar 330 Ω.
Penggunaan port pada system minimumsebagaiberikut:
1.    Port A0, sebagaimasukan sensor LDRdantempatpengkonversianADC.
2.    Port D, sebagaimasukanLCD 16 x 2.
3.    Port B2, B3,B4, sebagaipengaktif data Servo








0 comments:

Post a Comment

Silahkan, beri komentar