Tuesday 29 July 2014

Hari Raya Idul Fitri 1435H (Kapan, Perkiraan, Ucapan, Keunikan,serta Khutbah)

Assalamu'alaikum Wr Wb untuk pembaca dan pengunjung sekalian,,,,

 http://artikelibas.blogspot.com/2014/07/idul-fitri-1435-h-keunikan-dalam-ucapan.html


Kapan idul fitri 1435 H? apa perkiraan perkiraan idul fitri 1435 H tahun ini 30 hari full puasa atau kurang atau lebih apa berbarengan dengan kalangan muhammdiyah yang notabene selalu jadi bahan perbincangan disebagian daerah. Jawabannya akhirnya, Hari raya idul fitri 1435 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2014 sesuai infromasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia setelah sidang Isbat pada 27 Juli pukul  20.00 WIB hal ini menjadi kesamaan dengan putusan dari kalangan idul fitri 1435 H Muhammadiyah yang juga berlebaran ditanggal 28 walau kalangan Muhammadiyah mulai terlebih dahulu berpuasanya tepat sehari sebelum jadwal puasa pertama yang ditetapkan pemerintah dari barengnya jadwal berlebaran tersebut terblesit hikmah untuk kita semua akhirnya merayakan dengan secara waktu bersama walau kita pun tidak boleh lupa dengan kalangan yang lainnya seperti kaum ummat muslim yang ada di Goa dan sebagainya intinya kita semua wajib menghormati segala keputusan beberapa kalangan dalam menjalani syariat agama islam namun tetap dalam pedoman Al-quran dan Hadits. Hari raya idul fitri ialah hari raya bagi umat muslim di indonesia dan seluruh dunia untuk mengakhiri bulan ramadhan dan memulainya bulan syawal. Gemuruh takbir di semenanjung daerah hingga dunia seakan membuat air mata ini jatuh dalam isak tangis yang diam didalam hati, lalu bertanya dalam diri Apakah ramdhan dan segala ibadah yang dilakukan oleh kita semua sudah maksimal lalau apa tanggapan Allaw SWT terhadap diri kita lantas bisakah kita bertemu kembali dengan bulan ramadhan lagi? pertanyaan demi pertanyaan seakan terurai dan menjadi satu dalam doa penuh harap semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan menolong kita semua umat muslim dimuka bumi ini. Yang unik dalam momen setiap tahun ini adalah ucapannya yang ditunggu dari orang - perorang dengan mengucapkan ucapan ucapan idul fitri 1435 H lalu bermaaf - maafan antar sesama dengan secara ikhlas insyallah dibuka kembali hubungan yang baik antar umat, ada yang mengucapkan lewat parcel, stiker social media, telepon dan sms dan sebagainya menjadi kemeriahan sendiri acara idul fitri 1435 H setahun sekali ini beberapa contoh ucapannya "mohon maaf lahir batin kosong kosong yaa" ---> ini maksudnya kosong itu kesalahan antara sesama dimulai dari nol lagi atau sudah mengikhlaskan untk saling memaafkan, "Taqqoballahu Minna Waminkum Siyamana Wasiyamakum Minal Aidin Walfaidzin"--->mohon maaf lahir batin, "Happy Ied Mubarrak" ---> Selamat Hari Raya Idul Fitri atau stiker gambar pada postingan ini.



Terakhir bagian berkesan ialah khutbah pada shalat sunnah idul fitri sebab inipun dilaksanakan setiap satu tahun sekali berbeda dengan khutbah jum'at pada shalat jum'at dan ceramah - ceramah lainnya yang notabene sering kita dengar. Khutbah idul fitri dilaksanakan setahun sekali seolah nasihat dan pelajaran hidup ini dalam satu tahun sebelumnya dan yang akan datang mejadi nasihat kesan tersendiri. Saya pun mendengarkan khutbah tersebut saat shalat sunnah ied dilaksanakan di daerah kampung pulo Masjid Al-ikhlas bambu karang bahagia Bekasi, khotibnya pun ialah seorang kakek saya yang semoga Allah selalu melindungi beliau diberi kesehatan dan umur yang panjang agar terus bisa membimbing kami umat disekitarnya. Dalam khutbah tersebut belia berpesan kepada kita semua juga dirianya bahwa agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi , sabar dalam menjalankan perintah agama sebagaimana tujuan berpuasa yang diFirmankan Allah SWT dalam Al-quran "La'alakum tattaqun" menjadi orang yang bertaqwa serta menjaga kerukunan antar umat muslim.








Sekian dari saya postingan tentang Hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyyah , saya ucapkan Mohon Maaf Lahir batin dan terima kasih semoga ramadhan menjadi membekas selamanya agar menuju tingkat ketaqwaan yang lebih terus menerus kepada Allah SWT aaaamiiin,

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, beri komentar