Friday 8 August 2014

Fenomena Kucing Terbius dengan Tanaman Catnip

Halo sobat pembaca sekalian , selamat daatang kembali di blog artikelibas.blogspot.com!
http://artikelibas.blogspot.com/2014/08/fenomena-kucing-terbius-dengan-tanaman.html
Untuk mengisi postingan artikel untuk kategori 'General' saya akan membahas tentang Fenomena Kucing Terbius dengan Tanaman Catnip. Sobat pembaca sekalian judul tersebut diambil dari pengalaman saya sendiri selama bertahun - tahun memilki seekor bahkan keluarga besar kucing di dalam rumah saya. Hak yang menjadi aneh memang ketika kita tahu bahwa sifat kucing sebagai hewan karnivora (baca : pemakan daging) suka sekali bahkan tergila - gila terhadap akar tanaman yang dinamakan dengan catnip istila di tempat saya disebut anaman tanaman daun puter. Catnip atau Nepeta Cataria adalah sejenis tanaman bertubuh kecil layaknya tetanggan dengan tanaman liar rumput mempunyai hubungan erat dengan tanaman jenis mint serta berasal dari Eropa. Ciri - ciri tanaman tersebut ialah mempunyai tinggi hingga 50cm dengan keberadaan bunga - bunga hijau disepanjang batangnya. 

Kenapa Kucing Bisa Terpengaruh dengan Tanaman Catnip ?
Kucing bisa terpengaruh dengan catnip tentunya bukan karena daut atau batang yang notabene sangat disukai oleh kalangan hewan herbivora akan tetapi kucing sangat terbius oleh aroma yang dipancarkan oleh akar tanaman catnip. Sebab, tanaman catnip mempunya senyawa Nepetalactone yang bersifat mempengaruhi pola tingkah laku kucing yang timbul disekitaran batang tanaman sampai akar catnip, bisa dibilang catnip sama halnya dengan 'Ganja', 'Heroin' atau jenis narkoba lainnya yang menyereang syaraf manusia sehingga tak sadarkan diri. Ya, begitu memang yang saya alami dengan para kucing - kucing dirumah ketika kucing masih kecil memang sangat agresif mudah untuk di ajak bermain tapi bagaimana jika sudah besar tentu sajah tak semua jenis kucing mau bermain kembali apalagi rata - rata untuk kucing kampung yang bisa dikatakan lebih liar dibanding dengan jenis kucing lainnya. Namun, semua itu sontak mengejutkan ketika kucing dengan segala sifat dan usia saat di beri akar tanaman catnip langsung saja pola tingka laku mereka sangat agresif mungkin bisa dikatakan melebih agresifnya kucing pejantan ketika ingin mengawini kucing betina.

Bagaimana Kondisi Si Kucing Saat Diberi catnip?
Tentu saja sesuai fungsi dari tanaman catnip itu sendiri, bahwa kucing akan menjadi lebih bahkan sangat agresif. Pola tingkah laku yang ditunjukan  bisa mengejar - ngejar, mengigit - gigiti tanaman / akar tanamn catnip sampai membanting - bantingkan tubuhnya karenea sifat reaksi agresif yang muncul.

Bagi para pelaku bisnis dibidang penjualan makanan atau perawatan kucing, hal ini menjadi ide segar untuk mengolah tanaman catnip menjadi beberapa jenis snack makanan kudapan untuk para kucing yang bisa dijual. Fenomena ini setahu menurut saya ada kaitannya dengan suatu tanaman tersebut diberi dengan istilah nama "CATNIP" , dan tidak semua pecinta kucing tahu serta menyadari akan Fenomena Kucing Terbius dengan Tanaman Catnip. Semoga saja saya bisa membuat atau menemukan seara lebih detail beberapa sumber pembuktian ilmiah dari terpengaruhnya kucing oleh tanaman catnip. Silahkan melihat video  terbius catnip yang dialami oleh kucing saya. Terima kasih atas kunjugannya pembaca sekalian , Salam .........


0 comments:

Post a Comment

Silahkan, beri komentar